Selasa, 24 Mei 2016

Cara Mempercepat kinerja Android


Pengguna Android mungkin mengeluhkan, lambat laun kinerjasmartphone kesayangannya makin melambat alias lemot.

Hal ini wajar terjadi, apalagi ponsel sudah dipakai cukup lama. Memperbarui sistem operasi dengan versi terbaru juga kadang tidak memberikan dampak signifikan pada kinerja ponsel. Lalu, apa yang harus dilakukan?
Informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Authority, Selasa (24/5/2016), 

berikut adalah beberapa cara 'menyelamatkan' kinerja Smartphone Android Anda.
1. Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tak penting

Kebanyakan pengguna smartphone mungkin memiliki terlalu banyak aplikasi yang di-install. Sayangnya, kita seringkali mengunduh aplikasi tanpa memikirkan sepenting apa aplikasi tersebut.

Untuk itu, pengguna perlu meninggalkan aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak pernah dipakai dengan meng-uninstall-nya dariSmartphone Anda.



2. Bersihkan cache data

Apa itu cache data? Sesungguhnya, cache data adalah hal yang baik untuk ponsel Anda karena bakal mempercepat kinerja ponsel. 

Dengan menyimpan data secara lokal, sistem ini bisa mengurangi waktu loading dan menghindari kebutuhan untuk mengambil bit dari internet tiap Anda memasukkan situs webatau aplikasi.

Sayangnya, cache dapat menjadi cukup berat bagi penyimpanan internal smartphone Anda. Untuk itu, cobalah bersihkan cache secara rutin. Baik melalui aplikasi manager atau bisa juga dengan aplikasi pembersih cache yang ada pada Google Play Store.


3. Batasi Penggunaan Widget
Widget memang memudahkan pengguna untuk bernavigasi menuju aplikasi. Namun cara mempercepat kinerja android kali berhubungan dengan widgetcara . Biasanya dengan adanya widget, kita akan mendapatkan informasi dan pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi. Praktis bukan? Tapi sebaiknya batasi penggunaan widget. Terlalu banyak widget, akan menguras baterai dan menjadikan kinerja android melambat. Apalagi bila widget yang anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus update tiap saat. Misalnya pemberitahuaan update social media. Kinerja ini akan membuat tambahan proses yang akan menyedot memori, yang ujung – ujungnya berimbas terhadap  melambatnya kinerja ponsel Android. Alangkah baiknya anda melihat update aplikasi (misalnya aplikasi sosial media) hanya pada saat anda login saja. Tidak perlu mengaktifkan widget. Caranya cukup, dengan menyentuh widget agak lama lalu menariknya ke atas.

Nah itu lah beberapa cara untuk Mempercepat kinerja Android yang saya rangkum dari Liputan6.com & Begawei.com.
Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa bagikan keteman-teman anda untuk saling berbagi info.
Sekian dan terimkasih.

0 komentar:

Posting Komentar